Pages

April 17, 2015

Mana yang lebih mahal, Jarum atau Gunting?


Suatu ketika, seorang penjahit ingin mengajarkan cucu laki-lakinya tentang hikmah yang besar dengan cara khusus. pada saat ia menjahit pakaiannya yang baru, ia mengambil guntingnya yang mahal dan mulai memotong potongan baju yang besar hingga menjadi potongan kecil untuk memulai jahitannya membuat pakaian baru.

sebelum ia berhasil menyelesaikan jahitan bajunya, ia mengambil gunting mahal tersebut, lalu melemparnya ke lantai diantara kedua telapak kakinya. pada saat inilah cucunya merasa terkejut dengan apa yang dilakukan kakeknya. kemudian kakek tersebut mengambil jarum dan mulai mengumpulkan potongan-potongan kain tersebut untuk membuat pakaian bagus. sebelum menyelesaikan menggunakan jarum tersebut, ia menancapkan di surbannya. cucu tersebut tidak bisa menahan keringatnya, kemudian ia bertanya kepada kakeknya, "mengapa engkau melempar gunting yang mahal itu ke lantai diantara telapak kakimu wahai kakek, kemudian setelah itu engkau menyimpan jarum tersebut dan meletakkan di atas surban kepalamu?"

Kakek tersebut kemudian berkata, "Wahai cucuku, sunggu gunting adalah yang bisa memotong potongan baju besar itu, memisahkan, dan menjadikannya potongan-potongan kain kecil, sedangkan jarum adalah yang menyatukan potongan tersebut sehingga menjadi pakaian yang bagus".

0 comments:

Post a Comment