Pages

April 17, 2015

Siapa yang Miskin dan Siapa yang Kaya


Pada suatu ketika, ada seorang yang sangat kaya mengirim anaknya pergi ke sebuah negara miskin agar anaknya bisa melihat bagaimana kehidupan orang-orang miskin. Anak tersebut pergi menghabiskan siang dan malamnya di sebuah sawah yang di sana hidup sebuah keluarga miskin.
Ketika ia kembali, orangtuanya bertanya, “Bagaimana perjalananmu wahai anakku? Apakah kamu melihat kehidupan orang miskin?”
Anaknya menjawab, “Ya, benar Ayah.”
Ayahnya kemudian mengatakan sekali lagi, “Kalau begitu, ceritakan kepadaku apa yang bisa kamu pelajari dari perjalanan itu!”
Kemudian ia berkata, “Saya menjadi mengerti bahwa kita memiliki satu anjing, sedangkan mereka memiliki empat. Kita memiliki kolam renang di tengah taman, sedangkan mereka memiliki sungai yang tiada batas. Nkita memiliki lampu-lampu yang menerangi taman, sedangkan mereka memiliki bintang-bintang yang berkelap-kelip di langit. Batas rumah kita habis sampai taman di depan rumah, sedangkan mereka memiliki atap dan pagar yang tak terbatas. Kita memiliki halaman kecil yang kita tempati, sedangkan mereka memiliki halaman seluas kebun. Kita memiliki pembantu yang membantu kita, sedangkan mereka saling membantu antara satu dengan yang lain. Kita membeli makanan kita, sedangkan mereka makan dari apa yang mereka tanam, kita memiliki tembok yang tinggi untuk melindungi kita, sedangkan mereka memiliki teman-teman yang melindungi dan menjaga mereka.”
Orangtua anak tersebut kemudian terdiam dan anak yang cerdas tersebut berkata, “Terimakasih, wahai ayah, karena engkau telah menunjukkan kepadaku betapa miskinnya kita.”

0 comments:

Post a Comment